• Kontak
  • Cara Pesan
  • Harga
  • Faqs

Pilih Mana, Sablon Manual atau Sablon DTG?

 on Sabtu, 01 Oktober 2016  

Perbedaan Sablon Manual atau Sablon DTG?

perbedaan sablon manual dengan sablon dtg

Saat ini ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menyablon kaos, mulai dari sablon secara manual hingga sablon menggunakan mesin yang biasa disebut sablon digital. Pengertian sablon disini pada umumnya adalah memindahkan atau mencetak gambar pada suatu media kain, plastik dan lainnya. Oke sebelum lebih lanjut saya akan memberikan sedikit pengertian tentang sablon manual dan sablon digital.

Pengertian Sablon Manual
Sablon manual adalah sablon yang dilakukan secara manual menggunakan screen yang sudah di afdruk sesuai gambar yang akan di sablon, rakel untuk mendorong tinta dari screen ke kaos dan tinta sablon waterbased atau oilbased. Untuk melakukan sablon manual perlu sedikit keahlian dan harus melewati beberapa tahapan jadi bagi pemula akan sedikit sulit untuk melakukan sablon manual.

Pengertian Sablon DTG (Direct To Garment)
Sablon DTG termasuk kedalam sablon digital karena menggunakan mesin yang tintanya langsung disablon ke kain oleh karena itu disebut Sablon Direct To Garment. Untuk melakukan sablon ini tidak memerlukan keahlian khusus cukup punya mesinnya maka kalian sudah bisa melakukan sablon.

Ya itulah sekilas tentang pengertian sablon manual dan sablon DTG, selanjutnya saya akan langsung membahas inti dari artikel ini berdasarkan pertanyaan yang umum atau sering muncul seputar sablon manual dan sablon digital.

1. Kualitas hasil sablonan lebih bagus mana?

Untuk kualitas sablon manual dan sablon dtg sama bagus, tapi saya sendiri lebih pro ke sablon manual karena ada banyak variasi jenis tinta yang bisa saya pakai sehingga saya lebih bisa mengembangkan kreatifitas karena kalau sablon dtg hanya ada tinta yang langsung menyatu ke bahan (semacam tinta superwhite pada sablon manual). Untuk lebih awet mana, itu bergantung pada perawatan dan pemakaian.


2. Lebih murah mana?

untuk harga alat sablon manual hanya dengan modal kurang dari 500rb sudah bisa langsung sablon kaos tapi untuk sablon digital anda harus merogoh kocek dalam dalam karena harga mesin sablon dtg yang asli buatan pabrik adalah sekitar150-300jt atau anda bisa mencari alternatifnya dengan membeli mesin sablon dtg modifikasi yang sudah banyak di pasaran.

3. Proses Pengerjaan Lebih Cepat mana?

Untuk melakukan sablon satuan, sablon dtg hanya memerlukan waktu 10-30 menit masih bisa ditunggu, tapi untuk sablon manual butuh 1-2 hari ya tapi sangat jarang ada konveksi yang mau mengerjakan sablon manual hanya satuan karena bayarannya tidak sebanding dengan waktu dan tenaga yang diperlukan. Tapi untuk produksi massal yang pesanannya sampai ratusan pcs maka sablon manual lebih cepat dan biaya produksi yang dibutuhkan juga lebih murah.

Berdasarkan pertanyaan yang sering muncul, kami Refife Konveksi akan merangkum kelebihan dan kekurangan sablon manual dan sablon digital atau DTG sebagai berikut :

Sablon Manual

Contoh hasil sablon manual rubber di refife konveksi


Kelebihan :

1. Harga alat lebih murah, cocok bagi yang ingin bisnis clothing tapi memiliki modal yang terbatas.
2. Tersedia banyak jenis tinta yang bisa diaplikasikan ke kaos sehingga bisa lebih kreatif dan produk anda lebih bervariasi 
3. Untuk produksi kaos yang jumlah pesanannya banyak , biasanya minimal 24pcs atau 2 lusin.
4. Ada banyak macam teknik sablon yang bisa digunakan untuk sablon kaos

Kekurangan :

1. Memerlukan tempat yang cukup luas untuk melakukan produksi
2. Memerlukan keahlian khusus (jadi harus belajar ilmunya dulu baru bisa melakukan sablon manual)
3. Tidak untuk sablon kaos tanpa minimal order atau bisa satuan

Sablon DTG :
Contoh hasil sablon dtg (direct to garment)

Kelebihan :

1. Bisa untuk sablon atau produksi kaos satuan tanpa minimal order
2. Bisa untuk sablon kaos dengan warna desain atau gambar tak terbatas
3. Proses penyablonan bisa ditunggu
4. Lebih simple dan mudah, tidak memerlukan keahlian khusus.


Kekurangan :

1. Harga alat atau mesin sablonnya cukup mahal
2. Proses pengerjaan jauh lebih lama jika untuk produksi masal dibanding sablon manual 
3. Biaya produksi lebih mahal dibandingkan sablon manual untuk produksi banyak

Tambahan dari saya, saya pribadi lebih menyukai sablon manual daripada sablon DTG, kaos-kaos dan produk-produk dari brand distro dari yang baru mulai hingga brand yang sudah terkenal yang ada dipasaran kebanyakan menggunakan sablon manual, mungkin untuk menekan waktu dan biaya produksi dan juga agar produk mereka lebih bervariasi dengan membuat produk dari berbagai jenis tinta yang hanya bisa digunakan untuk sablon manual.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis clothing atau ingin pesan kaos, sweater dll dengan desain sendiri bisa langsung kontak kita atau baca artikel berikut : Cara Pesan Bikin Kaos dan Sweater di Refife Konveksi 

Jika ada pertanyaan atau ingin anda tambahkan bisa melalui form komentar dibawah ini.



Pilih Mana, Sablon Manual atau Sablon DTG? 4.5 5 Ariq Adriansyah Sabtu, 01 Oktober 2016 Pengertian sablon manual dan sablon digital beserta perbedaannya berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari sablon manual dan sablon digital Perbedaan Sablon Manual atau Sablon DTG? Saat ini ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menyablon kaos, mulai dari sablon seca...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar