• Kontak
  • Cara Pesan
  • Harga
  • Faqs

Perbedaan Tinta Sablon Plastisol Dengan Rubber

 on Senin, 10 Oktober 2016  

Kelebihan dan Kekurangan Tinta Sablon Plastisol dan Rubber
Ketika kita hendak menyablon kaos kita akan menentukan akan menyablon menggunakan tinta sablon jenis apa? sebenarnya jenis tinta sablon manual ada banyak sekali jenisnya, namun yang paling umum atau paling sering digunakan adalah tinta plastisol dan rubber.

Kedua jenis tinta ini sama-sama bagus, tinta jenis rubber adalah jenis tinta yang paling umum digunakan oleh berbagai konveksi sebagai standar produksi mereka karena harganya yang terjangkau, mudah digunakan dan hasilnya yang bagus. Untuk tinta plastisol biasanya digunakan untuk memproduksi kaos yang lebih terkesan premium ya karena harganya yang lebih mahal dibanding rubber dan proses pengeringannya yang memerlukan mesin heat press.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari tinta sablon plastisol dan rubber :

Tinta Plastisol
Kelebihan :
1. Tinta plastisol berbahan dasar minyak atau oil based sehingga membuat tinta ini tidak mudah kering sehingga screen yang dipakai tidak mudah mampat karena pori-pori screen yang tersumbat oleh tinta.
2. Warna yang dihasilkan cukup solid atau jelas walau hanya satu kali gesutan
3. Menempel dengan kuat pada kain
4. Lebih sedikit limbah tinta yang terbuang dan lebih irit tinta, karena tinta ini tidak mudah kering sehingga sisa tinta yang sudah dipakai bisa disimpan lagi untuk proses sablon berikutnya.

Kekurangan :
1. Produksi memerlukan peralatan yang memadai untuk proses pengeringan karena tinta plastisol hanya dapat menempel dengan kuat setelah di press atau dipanaskan menggunakan mesin pada suhu tertentu
2. Harganya mahal sekitar 100-300rb per kilogram tergantung merk dan kualitas
3. Hasil sablon plastisol tidak boleh disetrika langsung karena dapat menyebabkan hasil sablonan meleleh.

Contoh hasil sablon plastisol :



Baca juga : Beberapa alasan kenapa lebih memilih tinta plastisol

Tinta Rubber
Kelebihan :
1. Harga yang relatif murah sekitar 50-100rb per kilogram tergantung merk dan kualitas.
2. Tinta ini merupakan tinta berbasis air dengan campuran karet sehingga mudah dibersihkan dengan air ketika kondisi tinta masih basah.
3. Karena sifatnya yang cepat kering sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu dalam proses pengeringan.
4. Lebih banyak terdapat dipasaran karena harga kaos dengan sablon rubber harganya lebih ekonomis.

Kekurangan :
1. Akan sering dihadapi masalah pori-pori screen yang mampet karena tersumbat tinta dan tinta yang sudah kering dan menyumbat pori-pori screen akan susah untuk dibersihkan.
2. Lebih banyak limbah atau sisa tinta hasil produksi yang terbuang.
3. Tinta rubber dengan kualitas buruk yang harganya murah atau merk yang belum terbukti kualitasnya biasanya tidak awet pada kaos.

Contoh hasil sablon tinta rubber :

Hasil Sablon Tinta Rubber

Baca juga : Beberapa Alasan Memilih Tinta Rubber Untuk Sablon Kaos

Yaa itulah penjelasan tentang tinta plastisol dan rubber beserta kelebihan dan kekurangannya.. Selanjutnya untuk tinta mana yang lebih bagus dan anda ingin pakai tinta plastisol atau rubber dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan bahkan tujuan anda memproduksi kaos tersebut.

Bagi teman-teman yang ingin memproduksi kaos dengan tinta jenis rubber, plastisol dan jenis tinta lainnya yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bisa langsung pesan di Refife Konveksi - Vendor Konveksi Murah di Depok dan Jakarta

Jika ada yang ingin menambahkan silahkan tambahkan melalui kolom komentar yang tersedia

Perbedaan Tinta Sablon Plastisol Dengan Rubber 4.5 5 Ariq Adriansyah Senin, 10 Oktober 2016 Membahas mengenai perbedaan tinta sablon plastisol dengan rubber beserta penjelasan dan kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan Kekurangan Tinta Sablon Plastisol dan Rubber Ketika kita hendak menyablon kaos kita akan menentukan akan menyablon menggun...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar