• Kontak
  • Cara Pesan
  • Harga
  • Faqs

Beberapa Alasan Menggunakan Tinta Sablon Plastisol

 on Jumat, 21 Oktober 2016  

Kelebihan dan Kekurangan Tinta Sablon Plastisol

Contoh hasil tinta sablon plastisol

Plastisol adalah salah satu jenis tinta sablon manual berbahan dasar minyak atau oil based yang sering digunakan untuk menyablon kaos. Pada artikel ini refife konveksi akan membahas kelebihan dan kekurangan sablon plastisol dan beberapa alasan mengapa tinta plastisol ini di gemari para produsen dan konsumen di industri ini.

Kelebihan Tinta Plastisol :

1. Tinta Plastisol ini memiliki sifat yang tidak mudah kering sehingga tidak mudah mampat di screen dikarenakan tinta plastisol berbahan PVC sehingga hanya bisa kering jika dipanaskan pada suhu tertentu. Tentu hal ini sangat membantu mengatasi masalah screen mampat yang sering dihadapi oleh para produsen atau sabloners.

2. Gambar sablonan yang disablon menggunakan tinta plastisol akan sangat awet karena sifat tinta ini yang merekat sangat kuat dengan bahan dan mungkin kaosnya yang akan rusak lebih dulu dibanding sablonannya.

3. Hasil sablonan yang menggunakan tinta plastisol akan terlihat lebih mewah atau premium dikarenakan daya menutup kain dibawahnya yang bagus dan hasil sablonan akan terlihat mengkilat dan tentu juga karena harga tinta ini yang lebih mahal dibandingkan jenis tinta lainnya..


Kekurangan Tinta Plastisol :

1. Kekurangan tinta plastisol juga disebabkan karena kelebihannya yaitu tidak mudah kering sehingga membutuhkan mesin khusus untuk mengeringkan tinta ini pada suhu tertentu dan mesin yang digunakan yaitu heat press juga memerlukan daya listrik yang cukup tinggi.

2. Harga tinta plastisol yang mahal, yaa harga yang mahal ini bagi orang yang awam mungkin adalah suatu kekurangan tapi perlu diingat bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas.

3. Tidak bisa disablon kekaos yang mudah meleleh atau melar jika terkena panas. Sebenarnya sih bisa saja tinta ini disablonkan ke bahan yang tidak tahan panas seperti bahan sintetik, tapi masalahnya akan muncul ketika hendak mengeringkan tinta ini dengan mesin heat press.


Alasan para sabloners atau produsen menggunakan tinta plastisol :

1. Permintaan konsumen yang ingin hasil lebih maksimal
2. Memiliki alat pengering untuk tinta ini seperti mesin heat press
3. Untuk mengatasi screen yang mudah mampat karena memakai tinta jenis waterbased
4. Ingin hasil warna sablon yang terang dengan jelas jika disablon ke kaos warna gelap.

Ya itulah kelebihan dan kekurangan serta beberapa alasan menggunakan tinta plastisol, setiap tinta sablon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jadi harus lebih selektif memilih jenis tinta agar hasil yang diinginkan bisa maksimal.


Beberapa Alasan Menggunakan Tinta Sablon Plastisol 4.5 5 Ariq Adriansyah Jumat, 21 Oktober 2016 Kelebihan dan kekurangan tinta sablon plastisol serta beberapa alasan mengapa harus menggunakan tinta sablon plastisol Kelebihan dan Kekurangan Tinta Sablon Plastisol Plastisol adalah salah satu jenis tinta sablon manual berbahan dasar minyak atau oil...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar